Kamis, 13 Juni 2013

HIJAB


Assalamu'alaikum ..

            Pagi ini saya akan membahas perbedaan tentang hijab, jilbab, dan kerudung menurut wikipedia ensiklopedia bebas yang telah saya rangkum beberapa waktu lalu. Pada dasarnya pengertian-pengertian dari hijab, jilbab atau pun kerudung itu intinya adalah sesuatu yang dipakai wanita muslim untuk menutup auratnya. Dan untuk lebih jelasnya langsung saja kita baca pengertian-pengertian dari hijab, jilbab, dan kerudung itu sendiri seperti yang saya sampaikan dibawah ini :  
  
            Hijab dalam bahasa Arab: حجاب (ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

            Jilbāb dalam bahasa Arab: جلباب adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab

            Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur'an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31:
"Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31)"
Kerudung adalah semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Kerudung bisa dipakai karena berbagai tujuan, seperti demi kehangatan, untuk kebersihan, untuk fashion atau jatidiri unik; dengan alasan keagamaan, menyembunyikan kebotakan, demi kesopanan, atau alasan-alasan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar